Minggu, 13 Juni 2010

Menekan Resiko Kanker, Yuk!

Hai, Girls! Kali ini kita akan membahas tentang kanker. Selagi kita masih muda, ga ada salahnya, dong, kita mencegah resiko kanker? Itung-itung, nabung lah untuk bekal masa tua, jangan sampe nanti tua malah penyakitan! Nih ada tips simpel buat menekan resiko kanker :

1. Untuk makanan panggang, pilih panggangan listrik, gas atau briket arang dengan tempat api di samping, supaya ga ada lemak yang menetes pada bara api atau api yang berpijar. Soalnya, kalo lemak menetes di atas bara, akan terbentuk zat karsinogen PAC (Polisiklik Aromatis Carbon). Zat inilah yang menyebabkan kanker.


2. Hindari makanan yang dibakar atau dipanggang berlebihan. Lebih baik bagian yang sudah gosong alias hitam itu dibuang deh!

3. Hindari penggunaan berulang minyak atau margarin bekas menggoreng, terutama untuk produk-produk daging dan ikan, juga proses penggorengan yang panasnya berlebihan.

4. Semangkuk sereal dengan susu setiap hari dapat memberi asupan serat dan kalsium yang bisa mencegah terjadinya kanker. Lebih baik lagi sih serat dari buah-buahan segar dan sayuran, selain mengandung serat, ada vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan!

5. Kurangi asupan lemak, jika Anda masuk kategori 'gemuk', sebaiknya hindari sama sekali.

6. Sebaiknya sih hindari makanan yang diawetkan, diasapkan, diasamkan, dan makanan yang banyak mengandung zat tambahan (pewarna, perasa, dan pengawet).

7. Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol!

8. Hindari sinar matahari setelah pukul 9 pagi sampai pukul 2 siang untuk menghindari paparan sinar UV yang dapat meningkatkan resiko kanker kulit. Kalo memang diharuskan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa pake tabir surya!

9. Jika Anda harus melakukan pemeriksaan rontgen, usahakan tidak melakukan pemeriksaan kembali setidaknya setelah 6 bulan untuk memberi waktu sel-sel tubuh yang rusak akibat radiasi untuk memperbaiki diri. Paparan radiasi ionisasi pada sinar X diem-diem juga bisa jadi penyebab kanker lho!

Yah, intinya sih, mulailah sejak dini gaya hidup sehat, Girls.. ga akan nyesel di kemudian hari, deh! Salam sehat!

by ca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

♥♥♥ kata sambutan,, ♥♥♥

Beeeeh.. ni LaLaLa blog bener-bener NGASAL BLOG..

yang pasti :

1. blog ini tercipta karena tuntutan nilai dan harkat perkuliahan kami.. Ya! siapa yang "ngerjain" kami? ni cek -> ☺☺☺
hohoho.. PAK ARNAS is the best! This words came out from the very deepest of our heart.. THANKS BUANGET SIR!
seengganya kita jadi melek IT (meski dikiiiiit buanget) hehe

2. dari tadi ngomong kami, kami, kami, kami mulu.. Yeah! kite satu kelompok ada empat orang.. warna kita beda-beda, tapi tetap satu jua! (SUMPAH PEMUDA). n that's why, poto kita tuh gambar kupu-kupu pelangi.. (thx buat sumber atas poto kita.. lucu!)

3. yah pokoknya gitu deh.. happy blogging all! God bless You!
assalamu alaikum everybody!