Rabu, 31 Maret 2010

♀ buat cewe.. ♀ - kupasan tentang kanker payudara..



Sering banget nih kita denger isu-isu yang nakutin.. Contoh : pake bra kawat bikin kanker payudara.


Boleh kita sedikit bernafas lega, karena begini kata dr Ronald A Hukom SpPD-KHOM di Yayasan Kanker Indonesia, Jl Lebak Bulus Tengah, Jakarta Selatan, "Saya pernah baca, tapi kayaknya belum valid." 


Ronald mengatakan, yang dapat memicu kanker payudara seperti trauma pada payudara. "Payudara yang mendapat trauma, misalnya jatuh atau dipukul, atau memakai baju yang terlalu ketat sehingga payudara tertekan," jelasnya. 


Faktor lainnya, lanjut Ronald, faktor genetik 5 hingga 10 persen, wanita yang tidak pernah menyusui, tidak punya anak, kehamilan pertama pada usia 30-an tahun, serta periode menstruasi yang lebih lama, menstruasi pertama lebih awal, atau menopause lebih lambat. Faktor ini dinilai meningkatkan risiko.


sumber : detiknews.com




apakah mencukur atau mencabuti rambut ketiak, bisa memicu kanker payudara?


Pada dasarnya, adanya rambut di ketiak, apalagi orang yang mudah berkeringat, malah akan mengundang adanya bakteri. Pertumbuhan bakteri di rambut ketiak yang lebat plus reaksi dengan kelenjar keringat ini lah yang menyebabkan bau tak sedap. Makanya telah ada produk deodoran yang membuat ketiak wangi yang bisa mencegah bakteri berkembang biak di situ. Pencukuran / penyabutan rambut ketiak akan makin meng-efektif-kan kerja deodoran dalam mengatasi bau badan (BB). 


Sebenarnya pertumbuhan bakteri dipicu oleh adanya eksresi kelenjar keringat, makanya sekarang sudah ada produk deodoran antiperspiran, yang kerjanya menghambat eksresi kelenjar keringat dan minyak berlebih. Dengan tidak adanya eksresi kelenjar keringat dan minyak, plus tidak adanya rambut ketiak, maka bau badan bisa teratasi. 


Hindari deodoran yang menimbulkan reaksi iritasi terhadap kulit ketiak (kulit ketiak itu termasuk kulit paling sensitif) dan tetap dibersihkan setiap mandi sampai dengan bersih. Jadi tidak ada penumpukan zat kimia tertentu di lokasi tersebut. Bisa lihat bahwa sebenarnya perlunya penghilangan rambut ketiak itu bukan cuma karena alasan estetika, tapi juga kebersihan. Kalau tidak dibersihkan, bakteri bisa berkembang biak dan menimbulkan bau badan. 


Ada banyak cara menghilangkan rambut ketiak : 
1. Pencukuran, dengan pisau cukur atau alat cukur. Yang perlu diperhatikan adalah cara ini menggunakan benda tajam, jadi harus ekstra hati-hati, jangan sampai melukai diri. 
2. Pencabutan. Cara ini lebih sakit daripada pencukuran, tapi penumbuhan rambut kembalinya relatif lebih lama dari pada pencabutan. Tapi perlu saya ingatkan kembali, kulit ketiak itu sensitif, pencabutan akan menyebabkan kekeringan dan efek iritasi kulit. 
3. Wax / lilin. Cara ini prinsipnya sama dengan pencabutan, tapi dengan adanya wax, kulit tidak menjadi kering dan mengurangi efek iritasi. 
4. Laser. Cara ini intinya merontokan dan mematikan aktivitas kelenjar rambut, jadi tidak ada lagi proses pembentukan rambut.


sumber : mediasehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

♥♥♥ kata sambutan,, ♥♥♥

Beeeeh.. ni LaLaLa blog bener-bener NGASAL BLOG..

yang pasti :

1. blog ini tercipta karena tuntutan nilai dan harkat perkuliahan kami.. Ya! siapa yang "ngerjain" kami? ni cek -> ☺☺☺
hohoho.. PAK ARNAS is the best! This words came out from the very deepest of our heart.. THANKS BUANGET SIR!
seengganya kita jadi melek IT (meski dikiiiiit buanget) hehe

2. dari tadi ngomong kami, kami, kami, kami mulu.. Yeah! kite satu kelompok ada empat orang.. warna kita beda-beda, tapi tetap satu jua! (SUMPAH PEMUDA). n that's why, poto kita tuh gambar kupu-kupu pelangi.. (thx buat sumber atas poto kita.. lucu!)

3. yah pokoknya gitu deh.. happy blogging all! God bless You!
assalamu alaikum everybody!